Tuesday, August 13, 2013

Cara memperbaiki Speedometer VESPA

Assalamualaikum wr.wb
Selamat siang dan selamat datang para pembaca.

Untuk  kali ini saya mau membagi ilmu yang saya dapat sendiri :)) mengenai cara memperbaiki indicator bensin vespa.

Sedikit cerita dulu, sebenernya saya belum terlalu lama mengenal yang namanya motor vespa mungkin baru +-2 tahun berhubung motor vespa yang saya miliki adalah motor lawas jadi saya berani mengobrak abrik, tapi dibenerin bukan asal bongkar terus lupa ga dipasang lagi, yg gitu namanya berani berbuat ga berani tanggung jawab untung ga hamil O___o syalah. Maap.

Motor baru tapi ko dibongkar? Jadi gini awal ceritanya motor yang saya punya ini banyak yang rusak, pemilik lamanya tidak apik o__o, dan tidak memiliki prikkemotoran. Mesinnya sih kering orsinil BAGUS lah tapi penunjangnya seperti, rem, oli, indicator, lampu, kabel, righthink, shock belakang, bemper belakang, aki, ban luar dalam depan belakang, ban cadangan, kopling, rem depan belakang tromol dll. Mungkin udh hamper semua saya sebut. Kecuali mesin itu RUSAK, atau tidak layak pakai, error -___-. Terus harganya kemahalan TAPI! Motor ini dibelikan oleh ayah saya :)) cinta orang tua memang besar haha. Senengnya minta ampun padahal dulu cuman bisa searching-searching di tokobagus, kaskus, dan internet cari tau tentang motor ini ehh atas dukungan kaka saya akhirnya dibelikan motor vespa :)) ini, motor vespa yang saya miliki adalah  (vespa pxe 1997).
Sedikit penampakannya. O___O
 Penampakan pertama datang ke rumah saya 
tanggal 29 januari 2012



sesudah aga diperganteng :))


biasa aja sih o__o tapi ya lebih ganteng lah, da niatnya juga mau ngeorsinilin aja jadi apa yg berubah? ga ada kan orsinil :p

Nah sekarang langsung aja saya mau ngebahas cara memperbaiki speedometer vespa.
Pertama-tama sebelum memperbaiki indicator adalah
  1. Cek dahulu speedometernya. Jika masih bagus semua berfungsi seperti lampu malam, indicator lampu jauh, righthink, oli, dan netral serta kumpatan speedometer masih berfingsi mari kita perbaiki. 
     kondisi bagus:
    • lampu indikator nyala semua kaya rikting, oli, netral, lampu jauh sama lampu malam.
    • kumparan atau dinamo bagus (yg ngegerakin indikator bensin, sama speedometer, itu pake kaya sejenis kumparan dynamo). cara taunya lihat jarumnya, masih ada di posisi nol ga? kalau iya berarti bagus kalau engga berarti ada yg salah tapi jangan risau, cabut saja semua kabelnya sampai tidak ada yg menempel, agar arus listrik tidak ada yg mengalir jadi semua jarum ada di titik nol. ini untuk indikator bensin tapi buat indikator speedometer coba lihat kabelnya dan coba diputar searah rotasi ban kalau dia ikut naik berarti speedometer masih bagus. :))
    contoh masih bagus
  2.  Jika speedometernya masih lumayan bagus tidak ada yg cacat atau mati totalkita mulai mengecek, “bagai mana saya tahu kalau seluruh indicator berjalan atau tidak?” gampang2 susah sih cara ngeceknya. Cara gampangnya, ya sambungin semua kabel sesuai dengan warna. Ouh iya buka dahulu tutup stang vespanya. Agar terlihat kabel2nya. sekarang kita lihat ke kabel2nya sudah benar atau tidak jika sudah tapi mengapa indikatornya masih tidak jalan???
  3. Jangan panik  biasa aja kalem O___O. sekarang kita turun ke bagian hidung vespa, itu loh yg isinya kabel2 yg ada di bagian depan, yg ditempelin plat number kebangetan kalau ga tau -____-. 
    Di dalam sini isinya rumah kabel, banyak sambungan2 kabel kabel body intinya.

  4.  Buat disini masih sama kaya dikepala stang harus diurut kabel2nya. Nah kalau semua sudah terurut coba dinyalakan motornya. Ajak berkeliling sebentar untuk mengetahui speedometernya berjalan apa tidak.
  5. Amati apa yang terjadi. (berfungsi semua?) 
kalau berfungsi bakalan nyala kaya gini 

PERTANYAAN:
  1. Indicator bensin saya naik turun kadang naik sampai full ga turun turun.
  2. Speedometer saya jarumnya ga naik naik.
  3. Indikator oli (warna merah) nyala terus.
  4. lampu rikting saya ga nyala -____-
  5. GIMANA dong??

JAWAB:


PERBAIKAN INDIKATOR BENSIN VESPA
Coba lihat di batok kepalanya lihat mur yg ada dibawah indicator jangan sampai kena body motor. Kalau kena ya pasti naik, kalau udh ditutup tapi masih naik? Ya sekarang tinggal lihat ke bagian pelampung di bagian jok belakang. Caranya sebagai berikut.
 Alat dan bahan:
  1. peralatan pembuka seperti.  obeng,  kunci ring, nomber 10 dan teman-temannya. cutter
  2.  plastik bekas nomber kartu telpon genggam.


Langkah kerja:
1.      buka jok belakang menggunakan kunci ring.
2.      buka pelampung indikatornya.
3.      Lihat gambar.


 
 membuka jok belakang

  
 membuka pelampung bensin

 
 bentuk pelampung bensin

 ini yang wajib diperhatikan zoom in, (bagian yg mengatur naik turunnya jarum di indikator)
 buka bagian yg tadi
periksa lilitannya bagus apa tidak? kalau yg saya mah sudah rusak kaya hangus gitu alhasil saya ganti saja dudukan yg hangus, asalnya dudukan itu berbahan fiber kalau di foto ini mah sudah diganti menjadi plastik yg berasal dari bekas kartu perdana. masukan dari rahmat alfi handoyo lebih baik pakai "pcb yg buat rangkain elektronik" bisa dibeli di toko elektronik atau bongkar bekas radio atau alat elektronik lainnya yg sudah tidak terpakai. :) yg warnanya hijau biasanya :))

 
sumber gambar: www.rapidsmtassembly.com 
nah sesudah saya ganti dan saya cek ternyata benar indikator kembali bekerja jadi hemat deh ga perlu ganti yang baru :))
PENTING! lilitan dengan kuningan yg digerakan oleh pelampung harus menempel pada lilitan tapi bisa gerak secara leluasa kaya menggesekan jari  naik turun, ouh iya sama lihat juga kabelnya putus apa tidak kalau tidak ya tinggal buka terus lilit ulang kalau copot atau putus ganti dengan kabel yg ukurannya sama, lihat juga solderannya. :)



Perbaikan SPEEDOMETER
 Langkah-langkah
  1. pertama tama cek seperti yg saya tuliskan tadi, yg soal kumparan atau lilitan itu.
  2. cek ada kabel besinya tidak? yg matanya kotak, kabel yg dilapisi kaya tabung buat rem sepeda. sudah ada komplit tapi masih ga jalan.
  3. tenang langkah ke3 coba diputar2 kabel itu searah roda berputar atau dicoba coba saja kalau ga ke kiri ya kekanan -__-. ehh tungu jarumnya naik. nah itu tandanya speedometernya bagus :)).
  4. sekarang turun ke bagian ban, di ban itu terdiri dari
  • gigi nanas
  • tromol yg ada drill untuk tempat gigi nanasnya.
lihat gambar o__o
 tromol depan dan ditengah itu ada ulir buat tempat gigi nanas
 setiap tipe beda tromol sama beda giginanasnya motor saya kan pxe jadi tromolnya juga yg pxe


foto diatas ini ada 2 tipe antara PX sama EXEL kalau ga salah mereka mirip tapi beda jadi bingung saya juga -___-
sumber gambar http://vespa.forumid.net/t1347-gigi-nanas

nah biasanya disini yg penyakit di bagian gigi nanasnya, tapi alangkah baiknya jika kita buka saja tromolnya sekalian mengecek apakah tromol, kanvasrem, serta gigi nanas masih bagus apa tidak.
Cara membuka ban
alat dan bahan:
  • kunci buat buka mur ban ukuran 23 atau berapa ya? lupa pokonya ukurannya beda dari yg lain -___- maklum vespa is unique O__O jadi beda sendiri mending tanya ke tukang vespa asli, yg saya pernah nanya mah antara 23 sama berapa gitu, kan biasanyamah genap ini mah ganjil -__-
  • gigi nanas baru,
  • tromol baru kalau diperlukan , sekedar tips mending buka dulu bannya baru bawa contohnya ke toko spare part biar ga salah beli :p "pengalaman" cape bulakbalik salah terus -__-
ini contoh kuncinya kaya beginian

langkah-langkah:

  1.  siapkan ban yg akan dibuka , caranya ganjal standar 2nya pake kayu tanbahan biar ban depannya aga jinjit. tahan posisi itu jadi aga standing (gimana caranya yg penting standing.
  2. buka semua mur yg ada di pelek apa velk? apa felk? lah susah ngomongnya pelek aja dah..
  3. sesudah terbuka siap buka mur yg rajanya yg paling guede, yg di tengah ono noh..
  4. cek this out


 to be continue.. blm saya buka wong kuncinya salah beli O___O
motor saya mah harus ganti tromol, masalahnya ulirnya udh jelek. kalau ulirnya masih bagus mah gausah buka tromol pake cara yg dibawah ini aja :))

Atau pake cara gampang mengganti gigi nanasnya saja biar gausah ribet buka tromol depan.
perhatikan bagian di bagian belakang dari tromol tepatnya di selah2 shock depan yg bagian ini
dibagian sini lah rumah dari gigi nanas itu :)) tinggal buka, angkat gigi nanasnya yg sudah jelek ganti deh, cara gantinya gampang2 susah harus dilatih :)) selamat mencoba.
 setelah mengganti giginanas kalau benar cara pemasangannya alhasil akan bergerak speedometernya coba putar bannya sesuai rotasi ketika berjalan... kalau naik welldone kamu berhasil :)).
Memperbaiki lampu indikator oli
kalau nyala itu artinya bagus indikatornya ga rusak yg perlu anda lakukan hanyalah mengisi sampai batas yg ditentukan pada tangki olinya, jangan takut selama tutup pada tangki oli yg berisi indikator tadi tidak bocor mah isi full saja dengan oli lama-lama juga bakalan mati. ouh iya lampu itu mati setelah mesin dihidupkan  :).
isi penuh di bagian sini
CATATAN!
  • MOTOR kamu masih ada tangki olinya
  • ga bocor apalagi kalau bolong -__-
  • lebih baik cek dahulu sebelum diisi full olinya 
betuk tangki oli vespa
sumber gambar: http://www.kaskus.co.id/thread/5188f3d3532acf5d75000001/printilan-vespa--stang-px--fork-px--tangki-px--magnet-bajaj-super--dll-banyak
yang perlu diperhatikan jika memang motor vespa kamu sudah ada tangkinya tapi ini wajib diperhatikan
sumber gambar: http://www.kaskus.co.id/thread/5188f3d3532acf5d75000001/printilan-vespa--stang-px--fork-px--tangki-px--magnet-bajaj-super--dll-banyak
di kedua tempat ini biasanya oli bocor jadi tolong perhatikan :))
  • sambungan antara tangki oli dengan tangki bensin (pipanya)
  • tutup indikator olinya yg membuat lampu indikator menyala fungsinya sama kaya pelampung bensin.
beres masalah indikator oli sekarang ke yang lainnya :))

Memperbaiki rikting

cara memperbaikinya sama kaya benerin yg lain semua  berawal dari kabel body..
langkah-langkahnya:
  1. cek kabel body yg dari saklar kepala (stang)
  2. periksa saklarnya buka dan lihat bagian belakangnya, ada warna hijau kaya lumut kalau di tembok mah, coba bersihkan menggunakan cairan WD apa gitu lupa, atau coba digosok2 gpp asalkan gosoknya wajar ga kerasukan. usahakan jangan sampai mengelupas siplat dasarnya itu.
  3. jika sudah kita lanjut ketahap selanjutnya yaitu kebagian hidung, nah disini yang rada bikin bingung karena motor saya kenapa ga nyala terus riktingnya eh ternyata dibagian sininya yg bermasalah boro saya mau ganti kabel body ari pekteh cuman salah masukin, masa kabel rikting dimasukin ke soket apa gitu, soket lampu belakang kalau ga salah pantes weh pada mati salah masuk untung ga hamil.. ehh maap O_O.
  4. nah kalau dibagian sini sudah masuk pada pasangan yang benar pasti bakalannyala semua soalnya mana mungkin pabrikan bikin kabel body yg ga tahan lama?? kecuali kabel bodynya putus baru ganti.. sok perhatikan pasti nyala semua kaya lampu belakang  lampu rem, rikting dll soal kelistrikan :))
  5. kenapa masih GA JALAN riktingnya ?????!!
  6. nyantai masih ada komponen yg perlu diperhatikan letaknya ada dibagian belakang, deket aki motor namanya apa ya? aduh lupa coba search fungsinya sebagai otak biar kedap kedip lampu riktingnya.bentuknya tabung warna silver. ouh iya aki juga sangat berperan penting, untuk nyalanya rikting.
  7. inti dari memperbaiki rikting adalah LAMPU, KABEL BODY, ALAT BUAT KEDAP KEDIP, sama SAKLAR udin cuman segitu.. :)) selalu periksa bagian lampu yg depan soalnya sering ke gedakgeduk (terbentur) sama barang yang ada dibagasi depan :)).
cek this out:..
yg tadi harus diperiksa dan dibersihin tu dibalik ini
 ini aki yang layak pakai alias baru kalau ga ada aki ga bakalannya lampu riktingnya :P
kecuali motor kamu motor yg rada lawas yg blm pake aki :))

 nah alat ini yg berfungsi buat mengatur kedap kedipnya lampu rikting :))
saya cukupkan sekian mungkin ada sesepuh vespa yang lebih paham atau ada mekaniknya boleh comment maap kalau saya ngalor ngidul masalahnya ini saya pelajari secara otodidak :)) sama merhatiin mekanik yg lagi benerin vespa saya :D ditunggu masukannya :))
semua ini adalah murni tulisan saya ada beberapa gambar yang saya ambil dari internet tapi telah saya cantumkan sumbernya overall ORIGINAL POST!


8 comments:

  1. Untuk lilitan yg berada di spul pelampung bensin...saya sudah uji coba menggunakan bekas kartu sim...hasilnya kurang memuaskan mas...intinya berfungsi untuk beberapa saat...karena panas oleh arus aki dililitan dia akan meleleh dan mengakibatkan tidak berfungsi baik...untuk saran...jangan mengunakan bekas kartu sim...lebih baik memakai pcb yg buat rangkain elektronik...bisa tahan panas akibat arus dililitan...demikian masukan dari saya mas.

    ReplyDelete
  2. wah mantap masukannya siaap bakalan saya refisi :D maklum saya mikir cepat saja ga pake pertimbangan tahan lama :D bahan yg ada di rumah saya pake aja :) btw saya juga ga apal nama si lempengan itu :D bener juga ternyata itu memang harus yg tahan panas :)) makasih mas.

    ReplyDelete
  3. cuma mau tanya bagaimana cara nyambungin rikting + hazard kelampu indikator yg indikatornya hanya satu untuk kanan dan kiri, apa ada part yg ditambah dan alat kedap kedip rikting (flaser)nya berapa kakinya?, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin saklar hazard aja, nanti indikator mengikuti, flasher kaki 3

      Delete
  4. Indikator oli samping kurang paham ane bank

    ReplyDelete
  5. Om boleh liat kabel apa aja yg nyambung ke shocket lampu depan? Soal nya ada 1 kabel abu2, 2 kabel terpisah biru hitam dan kabel orange itu untuk kabel apa ya karena di vespa saya semua kabel itu tidak terpasang di shocket & lampu netral dengan indikator oli sampingtidak meyala

    ReplyDelete
  6. Tutorial pasang gigi nanas yg baru dong

    ReplyDelete
  7. Cara menghidupkan lampu netral nya gimn om? Mohon jawaban nya om

    ReplyDelete