Tuesday, October 2, 2012

Contoh Verb kata kerja bentuk 1 2 3 (V 1 2 3)


Ketika seseorang baru saja mempelajari bahasa Inggris, mungkin akan bingung dalam memahami kata kerja dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu dalam bahasa Inggris, ada tiga bentuk kata kerja, yaitu verb 1, verb 2, dan verb 3. Nah masing-masing kata kerja tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsinya: Verb 1
Verb 1 adalah bentuk dasar dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja jenis pertama ini digunakan ketika akan menuliskan kalimat dalam bentuk simple present (tenses yang digunakan untuk menjelaskan kegiatan saat ini). Contoh penggunaannya adalah dalam kalimat berikut:
  • I usually go to school at 6.30 am.
  • He always sleeps late to finish his job.
Disini bisa kita lihat bahwa ada sedikit perbedaan bentuk kata kerja ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal. Disini verb 1 ditambahkan s atau es.
Selain itu verb 1 digunakan setelah modal (kata kerja bantu). Yang termasuk modal adalah will (akan), can (bisa), may (boleh), must (harus). Nah setelah menggunakan modal maka kata kerja yang digunakan adalah bentuk kata kerja yang pertama. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:
  • I must wake up earlier tomorrow.
  • She can play guitar well.
Di sini walaupun subjeknya adalah orang ketiga tunggal, kita tidak perlu menambahkan s atau es setelah kata kerja.
Verb 2
Verb bentuk ke 2 digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Verb ini tidak dapat digunakan dalam bentuk kalimat yang lain. Jadi jika anda akan menuliskan peristiwa yang terjadi di masa lampau, gunakanlah kata kerja bentuk ke 2. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:
  • They visited art museum yesterday.
  • She drank a glass of milk this morning.
Nah disini apapun subjeknya, verb yang digunakan adalah tetap verb 2 tanpa ada penambahan apapun.
Verb 3
Verb bentuk ketiga ini tidak dapat berdiri sendiri seperti dua kata kerja sebelumnya. Kata kerja ini digunakan dalam perfect tense (tenses yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah usai) baik present perfect tense maupun past perfect tense. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:
  • I have finished my project this afternoon.
  • She has cleaned her room.
Nah disini verb 3 harus diikuti oleh has atau have. Gunakanlah has untuk subjek ketiga tunggal seperti he, she, dan it.
Itulah sedikit penjelasan dari penggunaan kata kerja dalam bahasa Inggris beserta fungsi-fungsinya. Berikut ini akan dilampirkan beberapa bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang sebaiknya anda ketahui.
Regular Verb
Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang beraturan yang berarti kata kerja yang memiliki pola tertentu. Cukup mudah dalam menghafalkan bentuk kata kerja ini karena hanya anda perlu menambahkan –ed saja. Kata-kata kerja yang termasuk regular verb adalah:
Verb 1Verb 2Verb 3
PlayPlayedPlayed
WatchWatchedWatched
VisitVisitedVisited
StudyStudiedStudied
ListenListenedListened
CleanCleanedCleaned
WashWashedWashed
PlantPlantedPlanted
Nah itu adalah beberapa kata kerja yang termasuk regular verb. Mudah bukan untuk menghafalnya?
Irregular Verb
Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang tidak berturan yang artinya kata kerja ini tidak memiliki pola tertentu seperti regular verb. Anda harus menghafalkan bentuknya karena tidak ada suatu pola tertentu dalam kata kerja ini. Berikut adalah beberapa contoh kata kerja yang termasuk irregular verb:
Verb 1Verb 2Verb 3
EatAteEaten
DrinkDrankDrunk
GoWentGone
BuyBought Bought
SingSangSung
ReadReadRead
WriteWriteWritten
SellSoldSold
Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kata kerja dalama bahasa Inggris. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda lebih memahami prinsip kata kerja dalam bahasa Inggris. Selamat belajar =)
sumber:http://penggunaantensesgrammarbahasainggris.blogspot.com/2012/02/contoh-verb-kata-kerja-bentuk-1-2-3-v-1.html
pengertian lebih lanjut mengenai regular sama irregular verb bisa dilihat atau dicari di blog ini
mohon maaf jika ada kesalahan. post ini sudah diperbaharui, mohon kritikannya untuk selalu memperbaiki blog ini :))

15 comments:

  1. saya mau nanya kak tentang REGULAR VERB:
    "Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang beraturan yang berarti kata kerja yang memiliki pola tertentu" maksud nya apa tu kak? tolong di jelasin ya kak soal ny saya jarang belajar Bahasa Inggris di sekolah karna guru nya Sibuk. itu aja kak.
    *terimakasih kak*

    ReplyDelete
  2. saya mau nanya kak tentang REGULAR VERB:
    "Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang beraturan yang berarti kata kerja yang memiliki pola tertentu" maksud nya apa tu kak? tolong di jelasin ya kak soal ny saya jarang belajar Bahasa Inggris di sekolah karna guru nya Sibuk. itu aja kak.
    *terimakasih kak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ada penjelasannya tapi pake bahasa inggris :|
      1). We pronounce / t / after voiceless sounds: / p /, / k /, / s /, / f / and voiceless / th / sound

      2). We pronounce / d / after voiced sounds: / b / , / g /, / v /, / z/ , / m/ ,/n /, / l /, / r / , voiced / th / sound and all vowels.

      3). We pronounce / id / after / d / and / t / sounds.
      yg artinya
      untuk penjelasan nomber 1 itu artinya semuka kata kerja yg diluar iregular verb yg suaranya bersuara P, K, S,F sama TH contoh: stop coba kamu baca terus berhenti ada P kan? nah berarti dia regular verb tinggal ditambahin -ed
      contoh yg K look coba dibaca lagi terus berhenti. suara akhirnya K kan? tinggal tambahin -ed ouh iya vreb regular sama irregular sangat keterkaitan sebelum tambahin -ed cari tau dulu ini verb verb apa? regular apa irregular. langkah awal cari dulu di irregular biasanya ada di tengah2 kamus yg warna kertasnya beda sendiri. (kamusnya kamus yg komplit) nah kalau di irregular ga ada ya tinggal cari di rangular langkahnya itu yg tadi bahasa inggris itu bisa lah kalian cari tau sendiri :)) saya cuman contohin 1 :D nanti lah saya ulas lagi di post berikutnya :))

      Delete
  3. kalo bisa di bales ke Facebook [Muhammad Sofi] / Yahoo [elhakim_muhammad@yahoo.co.id]

    ReplyDelete
  4. waduh maaf sebelumnya posting ini tidak murni buatan saya ,saya juga sama2 belajar coba bertanya di web aslinya http://penggunaantensesgrammarbahasainggris.blogspot.com/2012/02/contoh-verb-kata-kerja-bentuk-1-2-3-v-1.html semoga membantu ;D

    ReplyDelete
  5. koreksi : yang irreguler verb dari Buy ko Verb 2 n 3 nya jadi studyed iia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehausnya kan buy (Verb1) >> bought(Verb2) >> bought(Verb3)

      Delete
  6. semoga membantu :) ouh iya kunjungi web sumber aslinya ya :)) saya hanya bantu share ilmu saja :)) http://penggunaantensesgrammarbahasainggris.blogspot.com/2012/02/contoh-verb-kata-kerja-bentuk-1-2-3-v-1.html

    ReplyDelete
  7. mantap gan ulangan gua ntar dapet 100 dah nih percaya 100% pokoknya yah
    percaya diri sendiri dan sertai dengan doa

    ReplyDelete