Tuesday, February 1, 2011

Stop Mata Rantai Dextromethorphan Hydrobromide pada Dunia Cyber



I. Pendahuluan
a. Latar Belakang
Efek penyalahgunaan dextromethorphan di kalangan pelajar akhir-akhir ini sangat memprihatinkan, mulai dari overdosis ringan hingga yang mengakibatkan kematian.

Dextromethorphan atau DXM sebenarnya sudah dikenal lama di kalangan pelajar, Obat ini dikenal karena harganya yang terjangkau dan mempunyai efek layaknya jenis narkoba lain dengan harga yang lebih mahal.

Sekarang, dengan semakin berkembangnya teknologi internet, membawa dampak baik sisi positif maupun sisi negatif. Salah satu efek negatifnya tersebut, perkembangan DXM ini dapat menjadi semakin tidak terkendalikan. Namun demikian, sosialisasi pengetahuan secara dini tentang dampak buruk yg akan terjadi dapat menghindarkan pelajar untuk terjerumus lebih dalam pada DXM tersebut.

Untuk mencegah perluasan area penyalahgunaan DXM di dunia cyber, dapat dilakukan perang melawan penyalahgunaan DXM lewat dunia cyber itu juga.

b. Tinjauan Pustaka
DXM atau Dextromethorphan Hydrobromide adalah senyawa sintetik yang terkandung dalam berbagai jenis obat batuk yang bersifat antitussive untuk meredam batuk. Ciri khas obat batuk yang mengandung DXM ini biasanya di beri label “DM”.

Obat ini sebenarnya bukanlah narkoba sehingga dapat dijual bebas di apotik-apotik. Akan tetapi penggunaannya banyak disalahgunakan dengan cara mengkonsumsi lebih dari dosis yg dianjurkan. Jika DXM dikonsumsi melebihi dosis yg dianjurkan, dapat mengakibatkan efek halusinogen dissociative, yaitu dibloknya fungsi kesadaran di dalam otak dan saraf sehingga akan membuat si pemakainya berhalusinasi dan merasakan seperti berada di dalam mimpi dan sukar membedakan antara nyata atau tidaknya halusinasi tersebut.

Disamping efek halusinasi dissociative tersebut, efek-efek lain yg disebabkan oleh DXM jika dipakai secara berlebihan meliputi: gembira (excited), mengeluarkan banyak keringat, nafas jadi pendek, berada dalam kondisi antara tidur dan sadar, mual dan muntah-muntah, tekanan darah menjadi tinggi, jantung berdebar-debar, amnesia, tidak bisa mengenal kata-kata dan objek yang terlihat, paranoid dan merasakan seperti akan mati, serta koma bahkan kematian.

II. Pembahasan
Dunia Cyber adalah sebuah dunia maya yang membuat penggunanya dapat saling terhubung dengan pengguna lain hanya dengan komputer yang terkoneksi ke dalam jaringan internet. Jangkauan dunia cyber ini mencakup seluruh dunia.

Dalam dunia cyber, terdapat berbagai situs-situs yang mempunyai fungsi dan dan peranannya masing-masing. Seperti situs untuk melakukan pencarian informasi di internet misalnya: www.google.com dan www.yahoo.com, situs jejaring pertemanan misalnya www.facebook.com dan www.friendster.com, situs forum online yang memungkinkan penggunanya untuk saling berdiskusi satu sama lain misalnya www.kafegaul.com, situs untuk melakukan chatting antara penggunanya contoh: www.yahoo.com dengan aplikasinya yahoo messenger dan www.google.com dengan aplikasinya Google Talk. Disamping situs-situs tersebut, beberapa situs yang lain difungsikan sebagai e-commerce, yakni melakukan transaksi jual beli di Internet. Contoh: www.amazon.com, dan lain-lain.

Melihat fitur-fitur kemudahan yang ditawarkan dari berbagai situs tersebut, bukan tidak mungkin bahwa DXM juga akan menyebar melalui dunia cyber ini.

Investigasi pun dilakukan, yakni mulai dari penelusuran beberapa situs yang dicurigai sebagai sarana penyebaran maupun menggunakan situs pencarian, untuk mencari situs-situs yang mengandung kata kunci dextromethorphan atau DXM atau dextro. Dari penulusuran tersebut, di dapatkan sebuah kesimpulan tentang situs yang diindikasikan sebagai sarana penyebaran DXM berupa situs e-commerce yang menjual obat dextromethorphan.

Untuk memerangi penyalahgunaan DXM pada dunia cyber, beberapa situs dapat kita fungsikan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat khususnya pelajar, yakni situs www.wordpress.com atau www.blogger.com, untuk membuat sebuah blog yang berisi tentang catatan-catatan dampak negatif DXM. Disamping itu, kita dapat juga aktif dalam sosialisasi lewat forum-forum online dan kita juga dapat menggunakan situs jejaring pertemanan www.facebook.com, sebagai wadah sosialisasi untuk mengurangi perluasaan penyalahgunaan dextromethorphan ini.

7 comments:

  1. Itusih dari kitanya aja mw dibawa kemana itu efeknya... sya sering pake begituan tpi nyatanya tidak ada efek smping yang di sebabkan bahkan temanku pernah minum smpe 70 butir tpi dia tidak meninggal... cuman yang namanya obat biar obat apapun itu efek jangka panjangnya pasti ada... jangankan dxm bodrex aja di minum 5 biji tambah minuman cola pasti mabok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg gak ngefek tp lu liat nanti hidup lu bakal sengsara kaya apa...

      Delete
  2. q nemu 3strip lebih bungkus obat2n spt itu,didepan toko.yg lbh parah'y yg mengkonsumsi para anak jalanan,pantes aja sewaktu mreka beli sesuatu,mreka berjalan dgn sempoyongan,

    yg lbh parah'y apotek menjualnya scr bebas tnpa resep dokter

    ReplyDelete
  3. yg make sebanyak itu cuma orang tolol (yg gak bisa ngegunain hidup dengan baik2) mending sekalian mati ja drpd nyiksa diri, itu saran gw buat para pengecut yg ngegunain obat2 yg gak guna!!!

    ReplyDelete
  4. Bagaimana menurut anda tentang penyalahgunaan obat batuk dextrometorfan

    ReplyDelete