Saturday, October 30, 2010

macam-macam media transmisi

  TEKNOLOGI TRANSMISI
            Teknologi transmisi untuk jaringan lokal bisa menggunakan beberapa tipe transmisi yaitu transmisi kabel dan transmisi wireless. Untuk transmisi jenis kabel (seperti: kabel coaxial, UTP, STP, dan Fiber optik) dan wireless LAN.
1.   COAXIAL CABLE
Coaxial Cable Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Teknologi transmisi kabel tembaga single ini mampu dijalankan tanpa membutuhkan banyak repeater, jarak yang di rekomendasikan untuk panjang lintasan LAN antar komputer maksimal 500 m dengan kecepatan 100Mbps dengan topologi jaringan BUS yang digunakan.



2.   UTP
                         
Kabel UTP atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi 4 pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang paling sering digunakan di dalam LAN, dengan kecepatan 100 Mbps, namun maksimal instalasi kabel ini hanya pada jarak 100 meter.
3.   STP
“Shielded twisted pair” adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi.Sebenarnya hampir sama dengan kabel UTP memiliki konektor yang sama “RJ-45″, akan tetapi memiliki sedikit tambahan. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap Electromagnetic Interference.
Kelemahan kabel STP
Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan :
         Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
         Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya “crosstalk” dan sinyal “noise”.
         Harganya cukup mahal.

4.   FIBER OPTIK
Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optik (Serat Optik). Kabel Fiber Optik banyak digunakan pada jaringan WAN untuk komunikasi suara dan data. Kendala utama penggunaan kabel fiber optik di LAN adalah perangkat elektroniknya yang masih mahal. Sedangkan harga kabel Fiber Optiknya sendiri sebanding dengan kabel LAN UTP.
            Kelebihan menggunakan kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
à Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik).
à Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer).
à Kebal terhadap interferensi elektromagnetik.

No comments:

Post a Comment